Tilang Elektronik Belum Diterapkan, 200 Pelanggar Terekam CCTV

CCTV(CCTV) – JAKARTA – Uji coba sistem tilang elektronik mulai dilakukan di perempatan lampu merah Sarinah, Jakarta Pusat. Hasilnya, Terlihat oleh CCTV dalam sehari terdata sekitar 200 pengendara melanggar lalu lintas.

Tilang dengan sitem E-TLE (Electronik-Traffic Law Enforcement) rencananya segera diterapkan. Pelanggar tidak distop polisi melainkan terkam dalam CCTV (Closed Cirkuit Television) atau kamera pengintai.

Hasil rekaman CCTV terlihat sekitar 200 pelanggar dan paling banyak dilakukan sepeda motor. Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Drs Royke Lumowa, mengatakan pada hari pertama uji coba yang dilakukan Jumat (1/4), ternyata banyak pengendara yang melanggar lalu lintas. (CCTV)

“Yang paling banyak melaanggar adalah pengendara motor yang melintas di yellox box junction (kotak kuning) setelah lampu merah menyala,” katanya, Senin (4/4) siang. Selain motor, adapula kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Untuk saat ini para pelanggar memang belum ditilang karena sistem E-TLE belum diberlakukan. “Semua hasil jepretan CCTV itu akan dievaluasi,” kata mantan Dirlantas Polda Sumatera Utara ini.

TILANG DIKIRIM

Menurut Kepala Subdit Penegakkan Hukum (Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Yakub Dedi Karyawan, tiga jenis pelanggaran yang terekam adalah menerobos lampu merah, pelanggaran marka stopline dan pelanggaran marka yellow box junction.

“Saat pengguna jalan melanggar tiga pelanggaran sekaligus, akan didenda maksimal Rp1,5 juta,” kata Yakub. (CCTV)

Untuk proses hukumnya, pelanggar akan dikirim surat tilang oleh polisi ke alamat pemilik kendaraan yang tercantum dalam STNK. Jika tak datang ke pengadilan atau membayar ke bank, kendaraan akan diblokir.

Pemiliknya tidak bisa memperpanjang pajak kendaraan sebelum membayar tilang. Masalah akan timbul bila kendaraan itu sudah berpindah tangan karena polisi akan mengirim surat tilang ke alamat sesuai dalam STNK. “Makanya kami imbau pemilik kendaraan yang masih atas nama orang lain agar segera balik nama,” jelas Yakub.

Saat ini sistem E-TLE baru sebatas sosialisasi serta teguran simpatik. Polisi akan menerapkan peraturan itu setelah masyarakat mengetahui adanya kamera pengintai di sekitar Sarinah. (cctv camera)

Other Posts

Live Demo


Username: demo
Password : demo

Featured Video

CCTV yang bisa Zoom Sejauh 4Km dalam keadaan cuaca apapun. Cocok untuk di Pelabuhan dan Airport